Sabtu, 12 Maret 2011

Darah kental

TROMBOFILIA

Nyeri dada,sesak napas,vertigo,sering pusing,dan mengalami keguguran berulang harus diwaspadai. Bisa menjadi gejala awal trombofilia. Gejala penyakit ini kerap tidak disadari,tetapi bisa sangat mematikan bila terlambat.
Trombofilia atau Hiperkoagulabilitas adalah kondisi peningkatan resiko thrombosis alias mudahnya terjadi pembekuan darah atau dikenal dengan penyakit darah kental.
Trombofilia disebabkan gangguan system imun pada tubuh yang mana antibody berbalik menyerang tubuh.Antibodi menyerang dan merusak sel pembuluh darah,memicu pembekuan darah.
Bekuan darah pada penderita dapat terjadi dipembuluh arteri jantung,paru,maupun otak,bahkan bisa dipembuluh darah dimata dan telinga.
Bahaya terjadi saat bagian kecil bekuan darah terlepas dan ikut peredaran darah keseluruh tubuh.
Sumbatan bekuan darah dijantung dapat menyebabkan serangan jantung.Jika bekuan darah sampai di pembuluh darah otak,bisa mengakibatkan STROKE.Bekuan darah yang tersangkut di paru-paru bisa menyebabkan EMBOLI PARU.Semua kejadian itu dapatmenyebabkan kematian jaringan dan berakhir kematian penderita.
Perempuan penderita TROMBOFILIA dapat mengalami keguguran berulang atau cacat pada janin karena pasokan oksigen dan nutrisi lewat plasenta terhambat bekuan darah.
Resiko TROMBOFILIA paling besar dialami oleh pasien operasi ortopedi.operasi tersebut memungkinkan terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh vena/pembuluh darah balik yang memicu pembekuan darah.Bisa juga terjadi pada seseorang yang melakukan perjalanan jauh dalamwaktu lama.Duduklebih dari 7 jam tanpa berubah posisi mempermudah pengentalan darah.Selain itu Trombofilia juga bisa diturunkan lewat kelainan genetik.Orang tua yang memiliki kecenderungan darah mudah kental maka peluang kecenderungan anak dengan darah mudah kental 50 %.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar