Sabtu, 09 April 2011

PERKEMBANGAN PAYUDARA PERAWAN

Rekan semua, selama hidup, payudara seorang wanita, akan mengalami dua tahap perkembangan. Tahap pertama terjadi saat seorang gadis memasuki masa pubertas.  Tahap kedua terjadi saat seorang wanita mengalami kehamilan. Apa perbedaan diantaranya? Apa yang berperan dalam perkembangan payudara? Apakah anak-anak laki-laki juga mengalami perkembangan payudara pada masa pubertasnya? Simak bersama yuk,  tulisan saya yang  mengupas perkembangan awal payudara  saat memasuki masa pubertas.
Perkembangan payudara selama pubertas terjadi dalam dua fase:
1. Fase estrogen
2. Fase progesteron

FASE ESTROGEN
Fase pertama perkembangan payudara yang disebut fase estrogen, terjadi dua tahun sebelum menstruasi dimulai. Estrogen – bersama dengan prolactin dan hormon pertumbuhan – merangsang seluruh bagian utama payudara untuk tumbuh, termasuk kelejar susu, saluran air susu, jaringan konektif, dan jaringan lemak. Tubuh anda belum memproduksi progesteron, karena progesteron bersifat bersaing dengan estrogen dan akan menghambat  tahap perkembangan payudara ini.

FASE PROGESTERON
Fase akhir perkembangan payudara yang saya sebut sebagai fase progesteron, dimulai setelah anda mendapat menstruasi pertama. Setelah anda mengalami ovulasi pertama kali, tubuh anda mulai memproduksi progesteron selama fase Luteal yaitu hari ke 15 sampai ke -28 siklus menstruasi anda.
Sekarang progesteron bekerja bersama dengan estrogen, prolactin, dan hormon pertumbuhan dalam menyempurnakan perkembangan payudara anda. Progesteron memacu tahap akhir pembentukan kelenjar susu, termasuk pertumbuhan alveoli – kantong kosong tempat membuat air susu. Keseluruhan proses perkembangan payudara berlangsung selama tiga sampai empat tahun dan biasanya sempurna sebelum usia 16 tahun.
Payudara anak laki-laki juga berkembang. Sekitar dua pertiga anak laki-laki mendapat pengalaman pertumbuhan payudara, berlangsung beberapa bulan sampai dua tahun, selama pubertas. Hal ini dikenal dengan istilah gynecomastia dan terjadi sampai seorang anak laki-laki memproduksi cukup banyak testosteron untuk melawan efek estrogen pada sistem tubuhnya.
Nah, jelas kan bagaimana payudara mulai bertumbuh kembang. Pada tulisan berikutnya saya akan uraikan perkembangan payudara wanita saat kehamilan dan menyusui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar