Sabtu, 12 Maret 2011

BAU NAPAS
Penyebab umum bau napas terletak didalam mulut.Paling sering adalah mulut yang kotor karena makanan yang dimakan.setiap yang kita makan/minum akan mengalir melalui darah dan dihembuskan oleh paru-paru.
Selain itu,bau napas bisa terjadi karena ada sesuatu diparu-paru,saluran pencernaan,atu infeksi sistemik. Infeksi sinus atau diabetes juga dapat menyebabkan bau mulut.
Cara yang lebih efektif untuk mengetes aroma napas adalah dengan menjilat punggung tangan anda,lalu biarkan beberapa saat hingga kering.lalu periksa apakah punggung tangan itu berbau.Cara yang lebih jitu adalah dengan memeriksa warna lidah.Lidah berwarna pink/merah muda dan mengkilap menunjukan napas segar.Lidah yang putih dan bersisik menunjukan napas yang bau.
Cara melawan napas berbau:
- Banyak minum---- Mulut kering adalah tempat berkembang biak bakteri .
- Sering mengunyah---- Dapat menghasilkan air liur dan alami untuk menghilangkan bau mulut.Air liur mengandung oksigen dan berperan melawan bakteri yang berbau busuk.Bakteri ini tidak bisa hidup jika ada oksigen.
- Hindari makanan/minuman yang menyebabkan bau mulut.
- Sikat gigi dan flossing.
Makanan/minuman penangkal bau napas:
- Buah yang mengandung vitamin c dosis tinggi bisa menghilangkan bau napas karena membantu membunuh bakteri penghasil bau.
- Kayu manis mengandung minyak essential yang membunuh banyak jenis bakteri mulut.
- Teh hijau memiliki sifat anti-bakteri yang mengalahkan bau busuk.
- Buah-buahan segar dan sayuran, seperti seledri,melon,atau apel bisa menghilangkan napas bau.akan menghasilkan lebih banyak air liur dimulut.
Masih berbau? Periksa ke dokter.Sebab sekitar 10% kasus napas bau merupakan gejala penyakit sinus kronis atau infeksi pernapasan,penyakit refluks,gangguan hati,ginjal,kanker,serta diabetes.







 Miss Emma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar