Sabtu, 09 April 2011

KEBIASAAN SEHAT UNTUK MENJAGA PAYUDARA

Nah, berikut ini saya akan sampaikan keseharian dan pola hidup yang baik dan sehat untuk payudara. Semoga bermanfaat … 


1. Konsumsi banyak sayur yang dimasak tidak terlalu matang. Coba lewatkan makanan yang berbumbu kuat, manis, dan berlemak. O iya, jangan lupa banyak makan buah-buahan juga ya…

2. Hindari makan secara berlebihan. Hal ini menyebabkan energi Chi di perut menjadi berhenti. Hal ini tidak baik untuk payudara.

3.  Coba untuk tidak menjadi terlalu gemuk. Karena terdapat kaitan antara lemak tubuh, konsumsi lemak, dan kanker payudara.
 
4. Tetap rilek. Belajarlah untuk mengetahui perbedaan antara sesuatu yang dapat dan tidak dapat anda ubah dalam hidup anda dan kehidupan di sekitar anda. Tinggalkan apa yang memang tidak mungkin anda ubah dan bekerjalah untuk sesuatu yang memang anda dapat mengubahnya


5. Jika anda tidak dapat rileks, gunakan teknik meditasi untuk membantu anda belajar menjadi rileks. Stres jika tidak dilepaskan atau dikelola dengan baik, akan berdampak buruk dan menjadi musuh bagi kesehatan payudara.

6. Hindari kafein dalam bentuk apapun. Hentikan makan coklat kecuali untuk terapi tertentu. Pindahlah ke teh hitam, atau lebih baik lagi ke teh hijau.

7. Olahraga setiap hari meski hanya 30 menit. Olah fisik akan membakar sel lemak, mengurangi stres, meningkatkan energi, dan memperbaiki penampilan diri.  Iya, donk…lebih seger, gitu, loh?!

8. Ingin makan daging? Boleh,  asal tidak tiap hari. Sebaiknya dalam bentuk rebus atau kukus, jangan digoreng atau dibakar.

9. Konsumsi biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang kedelai, juga sayur polong-polongan seperti kapri dan buncis. Mengkonsumsinya setiap hari sangat baik untuk payudara.

10. Mulai kurangi atau bahkan stop makanan gandum putih seperti mie instant dan roti.

11. Jika butuh minyak untuk masak, lebih baik gunakan minyak zaitun karena terbukti sangat baik untuk payudara, dibandingkan minyak goreng lain ataupun margarine.

12. Belajar untuk selalu menambah perbendaharaan resep baru khususnya dengan bahan pokok sayuran. Cobalah dan nikmati dengan seluruh keluarga dan teman agar bersama-sama mengenalnya.

13. Kurangi gula untuk kesehatan tubuh yang optimal.

14. Pijat payudara akan membantu mempertahankan energi chi dan sirkulasi darah berlangsung dengan baik. Cara sederhananya  sudah saya tulis untuk anda, lho?!

15. Jangan bersedih dan menyesali diri jika anda sakit. Setiap orang pasti akan memiliki saat dimana stamina turun dan menyebabkan gangguan kesehatan. Fokuslah pada hikmah yang dapat anda tarik dari kejadian tersebut. Tetaplah berpikir positif. Lakukan apapun yang anda bisa lakukan, agar anda senantiasa sehat, meski kita semua akan sampai pada “waktu” yang pasti terjadi.  Karena itu bersyukurlah selalu untuk apapun yang Tuhan telah ijinkan untuk anda miliki.

16. Beramal. Lakukan sesuatu untuk orang lain. Membentuk “arti” dalam kehidupan pribadi anda adalah salah satu hal “terbaik” yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Karena saat anda bisa memberi sesuatu pada sesama, sekecil apapun itu, akan mendatangkan “rasa bahagia” yang begitu mendalam dalam hati dan jiwa. Dan itu akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh anda.

Saran ini diambil dari buku “ The Breast Connection: A Laywoman’s Guide to the Treatment & Prevention of Breast Disease with Chinese Medicine” karya Honora Lee Wolfe
Bagaimana?? Cukup mudah bukan??


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar