Minggu, 11 Desember 2011

Tujuh Langkah Cegah dan Atasi Stretchmark Payudara



Rekan semua, stretchmark atau guratan yang muncul di kulit bagi wanita merupakan kondisi yang dapat mengurangi kepercayaan diri. Strechmark sendiri merupakan hasil dari pertumbuhan secara cepat. Kecepatan regangan yang terjadi tidak mampu diimbangi oleh kemampuan elastisitas kulit.
Stretchmark dapat merupakan hasil dari pertambahan berat badan, kehamilan, serta pertumbuhan yang sangat cepat saat pubertas. Seperti juga bagian tubuh yang lain, payudara juga akan tumbuh dengan cepat. Kondisi ini secara umum akan memberikan dampak terjadinya stretchmark.
Namun, anda tidak perlu terus merasa gundah karena berikut ini akan saya sampaikan langkah-langkah sederhana bagaimana mencegah dan mengatasi (meskipun tidak 100% menghilangkan) strechmark di payudara.
Apa saja dan bagaimana caranya? Berikut info lengkapnya…
Kulit tubuh kita sebenarnya terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan teratas epidermis, lapisan tengah dermis dan lapisan terdalam, subcutis.



Terjadinya stretchmark sangat berpengaruh dengan lapisan dermis, sebab lapisan ini bertugas untuk mendukung kulit dan menjaganya agar tetap mulus. Dermis juga menjadi rumah bagi pembuluh darah yang mengangkut nutrisi untuk sel-sel kulit.
Lapisan dermis terbuat dari jaringan elastis yang membuat kulit mampu meregang sesuai kebutuhan tubuh. Tapi bila tubuh semakin membesar dalam tempo singkat, seperti saat hamil atau gemuk secara drastis, serat ini akan melemah dan akhirnya pecah akibat kulit yang menipis.
Karena itu, munculnya stretchmark ditandai dengan menyebarnya pembuluh darah melalui lapisan dermis ke lapisan kulit epidermis yang menipis. Stretch mark timbul ketika kolagen robek dari serat-serat penghubung kulit (skin’s connective fibres) akibat lapisan dermis mengembang. Defisiensi vitamin juga bisa menyebabkan terjadinya stretch mark.
Anda tidak ingin kondisi di atas terjadi, khan?
Berikut ini ke-7 langkah cerdas untuk cegah dan atasi stretchmark payudara:
Langkah Pertama:
Gunakan cocoa atau shea butter setiap hari. Butter alami ini mengandung pelembab yang sangat tinggi yang akan membantu kulit menjadi lembut dan tahan regangan karena kemampuan elastisitas yang tinggi sehingga tidak mudah timbul stretchmark.
Langkah Kedua:
Pijat payudara anda setiap hari. Pijatan akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga oksigen dan nutrisi akan mudah mencapai area payudara. Hasilnya payudara akan lebih sehat dan tidak mudah timbul stretchmark. Gunakan gerakan memutar saat memijat payudara anda setidaknya selama 2 menit.
Langkah Ketiga:
Lakukan olahraga setiap hari. Lari atau jalan cepat akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit menjadi lebih kuat untuk menahan terjadinya guratan. Olahraga juga mempertahankan elastisitas kulit.
Langkah Keempat:
Buka kapsul vitamin E dan usapkan cairan isinya ke payudara anda. Vitamin E dan kolagen merupakan kebutuhan esensial untuk kesehatan kulit dan akan memelihara kulit dengan sangat baik jika diberikana secara rutin. Setidaknya berikan vitamin E seminggu 2 kali. Untuk hasil terbaik berikan setiap hari.
Langkah Kelima:
Usapkan minyak bayi (baby oil) ke payudara anda. Jika kulit anda kering, maka kemungkinan mendapatkan stretchmark akan lebih tinggi. Minyak bayi akan memberi dan mempertahankan kandungan air pada kulit dan mempertahankan kulit tetap kenyal.
Langkah Keenam:
Konsumsi makanan yang sehat. Jika kecukupan gizi anda tidak terpenuhi, kulit cenderung kering dan rusak. Kulit yang kurang gizi akan lebih mudah mengalami stretchmark. Memperoleh gizi dan vitamin dari makanan segar lebih baik dibandingkan anda mengkonsumsi suplemen.
Langkah Ketujuh:
Minum banyak air. Kulit anda tidak dapat mempertahankan kandungan air dan kelembaban tanpa anda minum cukup air. Minum air putih setidaknya 2 liter sehari.
Nah, ternyata tidak sulit, khan?
Untuk memperoleh kulit payudara yang sehat dan cantik, yang penting adalah pola hidup termasuk pola makan yang sehat.
And….ternyata pijat payudara sekali lagi memiliki andil di dalamnya. Thank’s God!

2 komentar: